Monday, November 26, 2012

Cara Mudah Menyembunyikan Ketombe

Pityriasis capitis atau yang dikenal dengan ketombe, ialah suatu keadaan dimana kulit kepala terasa gatal dan bersisik. Akibatnya muncul serpihan putih ( ketombe ) pada kulit kepala dan rambut dan cenderung sering turun ke bahu. Ketombe memang masalah sepele tapi sangat memalukan. Penggunaan shampoo anti ketombe merupakan jalan keluar untuk mengatasi ketombe tetapi  membutuhkan banyak waktu untuk benar-benar menghilangkan ketombe.

Berikut saya bagi beberapa tips cepat untuk menyembunyikan ketombe agar terhindar dari rasa malu.

  • Gunakan baju yang berwarna terang. Ketombe akan terlihat dengan jelas apabila anda menggunakan baju berwarna gelat seperti biru tua, hijau botok terutama warna hitam. Jadi dengan baju berwarna terang, anda dapat terhindar dari rasa malu  karena ketombe tidak terlihat di warna terang apalagi warna putih.
  • Memakai topi. Selain menyembunyikan keteombe, pemakaian topi juga bisa sebagai aksesoris fashion. Padu padankan topi dengan baju yang anda pakai, anda akan tampil fashionable.
  • Melembabkan kulit kepala dengan menggunakan pelembab kulit sambil memijat-mijat kulit kepala. Pemijatan ini idealnya dilakukan setengah jam sebelum mandi dan lalu diikuti dengan penggunaan kondisioner pelembab.
  • Jika kulit kepala anda berminyak, gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus rambut berminyak. Penggunaan air dingin untuk keramas juga sangat membantu pori-pori dalam mengatasi masalah pengelupasan kulit. Jika anda mengalami pengelupasan kulit kepala, gunakan sampo anti ketombe setiap hari. Pakailah sampo yang mengandung zinc pyrithione, tar-based, selenium sulfide, ketoconazole atau sampo asam salisilat untuk mengobati ketombe yang membandel.
  • Pastikan diet anda juga  menjaga kesehatan rambut. Pilih makanan yang tidak berkadar gula tinggi, sarat vitamin B-Komplek. Selain itu suplemen minyak ikan dan makanan yang mengandung seng serta omega 3 juga sangat membantu mengobati ketombe.
  • Jauhi pengering rambut karena menyebabkan kulit kepala kering dan menyebabkan ketombe. Jika terpaksa menggunakannya, anda harus mengambil jarak paling tidak 10 inch.
  • Rubah potongan rambut anda untuk menyembunyikan ketombe, untuk lelaki bisa mencukur habis rambutnya, sedangkan untuk wanita bisa mendapatkan model yang cocok dan memiliki dua tujuan yaitu untuk fashion dan menyembunyikan ketombe. Pastikan potongan rambut yang anda pilih nyaman dan cocok bagi anda.
Itulah beberapa cara untuk menyembunyikan ketombe, tapi pengobatan untuk mencegah ketombe jauh labih baik dari pada menyembunyikannya. Semoga beberapa cara diatas bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment