Monday, November 26, 2012

Lima Pelindung Alami Untuk Rambut Anda

Apakah anda mengetahui kalau sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada rambut? Merawat kulit saja tidak cukup, karena rambut juga perlu dirawat untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.  Menurut Jeannette Graf, ahli dermatologi “ sinar matahari dapat merapuhkan rambut bahkan bisa mempercepat tumbuhnya uban ”. Tapi bukan berarti anda disarankan untuk menggunakan produk pelindung matahari buatan, karena produk tersebut bisa menyebabkan rambut rontok atau iritasi di kulit kepala yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung didalamnya telah diserap oleh kulit kepala dan bisa masuk kedalam aliran kulit kita. Oleh karena itu gunakan tabir surya alami untuk melindunginya.

Berikut adalah pelindung alami untuk rambut anda dari serangan sinar matahari

Lidah Buaya
Lidah buaya berfungsi memblokir sinar UV. Ini tanaman berjenis sukulen dengan jeli transparan yang terdapat didalam daunnya. Lidah buaya ini sudah lama digunakan untuk perawatan kulit kepala. Caranya : ambil beberapa helai daun lidah buaya, kemudian oleskan jeli daunnya ke rambut secara merata 15 menit sebelum mandi. Lalu bilaslah dengan air dingin.
Sekarang anda bisa bebas beraktifitas diluar dengan bebas tanpa takut rambut anda rusak karena sinar matahari, karena lidah buaya sudah melindungi rambut anda dari sinar UV. Ini merupakan tabir surya alami dan pelembab yang sangat bagus untuk rambut anda.

Ekstrak Daun Teh
Ekstrak daun teh juga merupakan tabir surya alami yang paling aman dan murah untuk digunakan. Tabir surya dari teh ini juga mencegah rambut anda dari kekeringan. Teh hijau lebih disarankan dari teh-teh yang lainnya.
Caranya : rebus teh dalam panci lalu biarkan sampai dingin.  Kemudian tiriskan air teh dan simpan dalam cangkir. Lalu tuangkan air teh ini di kepala anda, tutup dengan shower cap dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih. Ekstrak teh ini membentuk lapisan pada rambut anda dan melindungi dari sinar berbahaya matahari.

·         Henna
Henna adalah salah satu tabir surya alami yang popular digunakan. Henna merupakan pelindung rambut dengan protein semi permanen. Protein semi permanennya menempel pada rambut dan melindunginya dari kerusakan sinar UV. Henna merupakan pewarna rambut yang baik juga.
Caranya : gunakan pasta henna atau campuran beberapa bubuk henna dengan air dan rendam semalaman. Oleskan henna secara merata mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut dan biarkan selama 45 menit kemudian bilas hingga bersih. Rambut anda akan tampak lebih berisi dan terlindung dari sinar UV.

·         Minyak Wijen
Oleskan 5-6 tetes minyak wijen pada sisir anda lalu gosok secara merata ke semua rambut anda. Selain melindungi dari sinar matahari, minyak wijen membuat rambut lebih halus dan lembut. Anda juga bisa mencampurnya dengan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak almond untuk tabir surya buatan sendiri yang efektif untuk rambut.

·         Vitamin E
Vitamin E bekerja efektif sebagai tabir surya alami untuk rambut.
Caranya : ambil 2-3 tablet vitamin E ke dalam botol semprot dan tambahkan air. Kocok hingga larut kemudian semprotkan secara merata ke rambut setelah mandi. Vitamin ini bertindak sebagai tabir surya alami untuk rambut dan melindunginya dari kerusakan.


Kini anda bisa bebas beraktifitas di luar ruangan tanpa harus takut rambut menjadi rusak karena sudah terlindungi oleh tabir surya alami.

No comments:

Post a Comment