Saturday, November 24, 2012

Pencegahan Rambut Uban Prematur

Munculnya rambut putih atau yang dikenal dengan uban merupakan pertanda bahwa orang tersebut telah memasuki usia tua. Biasanya uban muncul pada saat memasuki usia 40 atau 50-an. Tetapi sekarang ini uban muncul tanpa memperhatikan usia, bukan hanya orang tua, anak muda yang berusia 20-an juga sudah ada yang beruban.

Ini adalah rambut uban prematur dan ada penyebabnya yang spesifik. Jika anda dapat mengatasi rambut uban premature, maka anda dapat menghentikan proses penuaan rambut sebelum waktunya. Berikut adalah langkah-langkah pencegahannya seperti yang saya kutip dari boldsky.com:
  • Santai : Tekanan gaya hidup modern merupakan salah satu penyebab munculnya rambut uban di kalangan anak usia muda. Banyak remaja yang beruban karena stress tidak kuat menghadapi tekanan studinya. Mulai sekarang anda jangan terlalu stress dalam menghadapi segala sesuatu, karena stress merupakan salah satu pemicu proses penuaan.
  • Bebas Ketombe : Penelitian dari dermatologis di seluruh dunia menunjukkan bahwa ketombe adalah penyebab munculnya uban premature. Oleh karena itu mulai sekarang, gunakan sampo anti ketombe yang baik untuk mencegah timbulnya ketombe. Anda bisa juga menggunakan bahan alternative seperti lemon dan henna untuk membersihkan kulit kepala dan mencegah ketombe.
  • Diet Sehat : kekurangan gizi juga bisa menyebabkan tumbuhnya rambut uban. Sekaang ini banyak orang yang melakukan diet ketat demi memiliki tubuh yang ideal. Padahal cara itu jelas salah, karena tidak memiliki nutrisi dan asupan gizi yang buruk. Oleh karena itu anda harus memperhatikan kadar gizi makanan anda untuk menghindari penuaan sebelum waktunya.
  • Defisiensi Tembaga : Sudah terbukti secara ilmiah kalau tembaga merupakan mineral penghasil melanin yang memproduksi warna pada rambut. Seseorang yang kekurangan zat tembaga akan mengalami pemutihan rambut atau uban. Anda dapat mendapatkan zat tembaga dengan mengkonsumsi makanan laut terutama kepiting, lemon dan jamur.
  • Pengobatan Alami: jika anda bingung penyebab rambut anda menjadi putih dan tidak tahu cara mengatasinya. Anda bisa menggunakan pengobatan alami untuk mencegahnya. Salah satunya dengan cara membuat bubur dari labu lalu rendam dalam minyak kelapa hangat selama satu jam. Peras minyaknya dan oleskan secara merata pada rambut anda, biarkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Penggunaan Bahan Alami : Daun kare merupakan obat tradisional rahasia India yang mampu membuat rambut menjadi hitam pekat alami. Anda dapat menggunakannya dengan cara menambahkannya ke makanan atau merendamnya dengan minyak rambut lalu mengoleskannya ke rambut.
Itulah beberapa cara dari saya untuk mencegah tumbuhnya rambut beruban. Jangan sampai masa muda anda hilang karena uban. Bagi resep ini ke kenalan atau teman anda yang mengalami masalah rambut uban.

No comments:

Post a Comment