Saturday, November 24, 2012

Penyebab Rambut Kering

Sebagian besar orang sangat khawatir dengan masalah rambut kering. Banyak obat yang beredar dipasaran untuk mengatasi rambut kering, tapi membeli produk tersebut bukan merupakan suatu jawaban atau solusi untuk mengatasi rambut kering. Akan lebih baik bila kita mengetahui penyebab terjadinya rambut kering, dengan cara ini kita bisa mencegah terjadinya rambut kering. 


Berikut saya berikan beberapa penyebab terjadinya rambut kering. 

  • Keramas. 
Keramas memang baik dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Tapi keramas  bisa menjadi bencana apabila terlalu sering dilakukan, karena bahan kimia yang terkandung di shampoo bisa merusak folikel rambut dan menghilangkan kandungan minyak alami rambut sehingga membuat rambut kering dan kehilangan kilau alaminya.
  • Polusi.
Pencemaran udara sekarang ini sudah di ambang batas maksimal. Bagi anda yang sering beraktifitas di luar ruangan, anda akan sering terpapar langsung dengan kotoran dan polusi. Polusi dan debu inilah yang menyebabkan kerusakan pada rambut karena bahan kimia yang terkandung didalamnya.

  • Makanan. 
Makanan yang anda konsumsi merupakan penentu terhadap jenis rambut yang anda miliki. Apabila anda secara rutin mengkonsumsi buah-buahan dan minum banyak air maka semua jaringan kulit pada kulit kepala dan seluruh tubuh akan terhidrasi dengan baik. Rambut menjadi sehat karena rambut menyerap makanan dari kulit kepala. Apabila anda kurang mengkonsumsi air dan buah, rambut anda akan rentan kering.
  • Bahan Kimia
Penggunaan produk kecantikan rambut seperti hair spray atau cat rambut sangat berpotensi merusak rambut karena bahan kimia yang terkandung didalamnya. Bahan kimia ini merusak lapisan pelindung alami rambut paling luar yang membuat rambut mudah kering dan rusak.
  • Penyakit
Rambut kering bisa juga disebabkan oleh beberapa penyakit yang mungkin pernah anda derita. Penyakit seperti tiroid, kanker atau kekurangan gizi bisa menyebabkan rambut kering. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.
  • Kelenjar Minyak.
Rambut bisa jadi berminyak atau kering bisa juga karena sekresi kelenjar minyak dalam tubuh kita. Beberapa orang mungkin mampu menghasilkan kelenjar minyak yang cukup untuk melembabkan rambutnya, bagi mereka yang tidak mampu menghasilkan kelenjar minyak secara baik, akan mengakibatkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Demikian beberapa penyebab rambut kering yang saya kutip dari boldsky.com. semoga bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment