Wednesday, November 7, 2012

Rambut Rontok Pada Perempuan

Sampai saat ini, masalah kerontokan rambut pada wanita diyakini sebagai hal yang biasa. Padahal menurut hasil Penelitian terbaru, hal itu jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya. Beberapa perkiraan mengatakan sebanyak 25 juta perempuan Amerika (atau lebih) mengalami kerontokan rambut dengan efek menyedihkan. Penyebab rambut rontok pada  perempuan agak berbeda dengan penyebab rambut rontok pada pria, dan efek emosional bisa sangat berbeda juga.

Penampilan Rambut Rontok pada Wanita
Rontoknya rambut pada wanita biasanya sangat berbeda dengan yang terjadi pada pria. Wanita biasanya tidak mengalami kebotakan atau sebagian botak, dan mereka umumnya tidak memiliki bintik-bintik pitak di kulit kepala. Pada wanita, rambut rontok biasanya muncul sebagai keseluruhan penipisan rambut, baik jumlah rambut di kepala dan ketebalan rambut setiap untai. Beberapa wanita memiliki rambut yang menipis, tapi jarang diucapkan dan terlihat seperti apa yang banyak dialami pria.

Efek Emosional Rambut Rontok pada Wanita
Harga diri seorang wanita dan rasa percaya dirinya biasanya jauh lebih tergantung pada cara mereka melihat kasus umum yang pria alami. Tentu saja, pria merasa sangat sedih kehilangan rambut mereka, tetapi untuk perempuan,  efek emosional yang mereka alami sangat menghancurkan.
Coba anda bayanghkan, berapa banyak uang dari perusahaan yang masuk ke dalam iklan produk perawatan rambut perempuan, produk styling, kosmetik dan peralatan perawatan rambut seperti pengering rambut dan pengeriting rambut, sangat mudah dipahami mengapa wanita merasa begitu menyedihkan pada saat mengalami kerontokan rambut. Masyarakat kita sangat begitu memperhatikan penampilan, terutama bagi perempuan, bahwa rambut rontok pada perempuan dapat menyebabkan rasa sakit emosional, kecemasan, dan bahkan memicu depresi.

Penyebab Medis Rambut Rontok pada Wanita

Penyebab rambut rontok yang paling umum pada perempuan berhubungan dengan kondisi medis dan perubahan hormon. Hal ini memiliki kemiripan dengan apa yang dialami pria, dan yang di alami wanita lebih spesifik lagi.


Hormon
Wanita mengalami masalah yang jauh lebih hormonal daripada pria, dan pada frekuensi yang jauh lebih besar. Kehamilan, melahirkan dan menopause adalah semua kondisi yang unik untuk wanita yang dapat mempengaruhi jumlah rambut rontok permanen dan menyebabkan botak.

Obat – obatan
Beberapa obat – obatan dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi untuk rambut rontok wanita, termasuk anti-depresi, pengencer darah, pil KB, anti kolesterol dan obat kemoterapi.

Penyakit / Bedah
Penyakit umum yang dapat menyebabkan rambut rontok pada wanita, seperti diabetes dan tiroid berlebihan atau kurang aktivitas, sebagai kondisi yang dapat menjadikan tubuh di bawah stres seperti demam tinggi atau operasi besar.

Penyebab lain
Anemia, anoreksia, bulimia, kelebihan vitamin A, infeksi jamur, dan defisiensi asam seng atau lemak juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Genetik Penyebab Rambut Rontok pada Wanita
Pola kebotakan perempuan, atau androgenetic alopecia, diperkirakan terjadi pada 15% atau kurang dari wanita Amerika. Proses kimia dalam tubuh adalah sama, dalam hormon dan dehydrotestosterone (DHT) bergabung untuk menyebabkan folikel rambut untuk menutup. Meskipun proses kimia adalah sama, penampilan rambut rontok pada wanita biasanya berbeda, umumnya perempuan mengalami penipisan rambut, bukan kebotakan, atau berkurangnya rambut seperti yang terjadi pada pria.
Beberapa ahli berteori bahwa perbedaan dalam folikel rambut antara pria dan wanita dapat menyebabkan perbedaan dalam penampilan rambut rontok. Pada pria, rambut cenderung tumbuh lurus ke atas keluar dari folikel, menyebabkan minyak dan cairan lain pada kulit kepala untuk membangun dan memblokir folikel. Pada wanita, bagaimanapun, rambut cenderung tumbuh dari folikel pada sudut tertentu, tumpahan minyak dan cairan mengalir lebih mudah keluar dari folikel.

Kebiasaan sehari hari Penyebab Rambut Rontok pada Wanita
Rambut Wanita yang mengalami tekanan terhadap kebiasaan sehari-hari banyak yang dapat menyebabkan kerusakan rambut dan rambut rontok. Beberapa penyebab rambut rontok pada perempuan meliputi:
  • Shampoo Harsh
  • Mewarnai Rambut
  • Pemutihan Rambut
  • Keriting permanen
  • Sering menggunakan pengering, pengeriting rambut dan peralatan pemanas lainnya
  • Menyikat dan / atau menyisir dengan tidak benar atau dengan keras
  • Sering mengenakan ekor kuda ketat, kepang, dan penjepit rambut lainnya
Sementara hal-hal tersebut umumnya tidak menyebabkan rambut rontok langsung atau permanen pada wanita, tetapi sering menyebabkan rambut jadi kering dan rusak sehingga rambut jadi kelihatan lebih tipis dan lebih rapuh. Pada wanita yang rambutnya sudah tipis karena perubahan hormonal yang datang karena bertambahnya usia, tindakan seperti ini dapat memiliki dampak besar pada penampilan rambut.

Diagnosis yang tepat
Wanita yang mengalami kerontokan rambut harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dengan apa yang menyebabkan mereka kehilangan rambut. Dalam hal kondisi tak terduga seperti masalah diabetes atau tiroid, pengobatan dengan obat medis sering berhasil dan bahkan mengatasi masalah rambut rontok. Jika dokter menemukan bahwa masalah hormonal yang berhubungan dengan menopause dan penuaan merupakan penyebabnya, maka ia adalah sumber daya terbaik untuk informasi dan rekomendasi untuk solusi efektif mengatasi rambut rontok pada perempuan.

Pengobatan Rambut Rontok  Herbal
Ada banyak pengobatan rambut rontok herbal pada perempuan yang disetujui oleh FDA untuk digunakan oleh wanita, salah satunya penggunaan shampo noni. shampo ini dipasarkan dengan nama Shampo Noni BSY dan sudah banyak tersedia di toko-toko obat, toko kelontong, dan toko online.
Shampo Noni BSY efektif dalam memulihkan pertumbuhan rambut dan mengurangi penipisan rambut pada wanita, tetapi  membutuhkan waktu beberapa bulan untuk hasil menjadi terlihat pada wanita. Hal ini sangat mudah dan nyaman untuk diterapkan dalam penggunaan harian dirumah, tetapi harus dilanjutkan terus-menerus untuk mempertahankan pertumbuhan kembali rambut. Jika penggunaan Shampo Noni BSY dihentikan, setiap rambut yang telah tumbuh kembali akan hilang sekali lagi.

Bedah Restorasi rambut
Perawatan rambut rontok dengan cara operasi bedah seperti transplantasi rambut ,cukup efektif untuk kebotakan pola pria, tetapi karena sifat rambut rontok pria berbeda dengan wanita, umumnya perempuan mengatakan bahwa operasi bedah bukan merupakan pilihan yang tepat. mencangkok Rambut adalah proses pemanenan rambut dari bagian aktif tumbuh kepala dan tanam mereka ke daerah-daerah penipisan dan pertumbuhan aktif. Karena perempuan cenderung kehilangan rambut mereka semua di kepala bukan di lokasi yang terkonsentrasi, transplantasi biasanya tidak banyak berpengaruh. Bagi wanita yang memiliki bintik-bintik botak tertentu atau patch, meskipun, pengobatan bedah dapat menjadi pilihan. Cara terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan ahli bedah restorasi rambut berpengalaman yang akan mendiagnosa penyebab dan menyarankan solusi yang cocok.

No comments:

Post a Comment