Wednesday, November 28, 2012

Fakta dan Mitos Tentang Perawatan Rambut

Mitos     : Memakai topi dapat menyebabkan rambut rontok atau kebotakan
Fakta   : Alasan dari mitos ini adalah bahwa topi menutupi area rambut sehingga mengurangi kebutuhan udara untuk folikel rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok dan kebotakan. Padahal, oksigen yang dibutuhkan oleh folikel rambut tidak berasal dari faktor eksternal tetapi berasal dari aliran darah manusia.

Mitos     : Rambut rontok hanya bisa terjadi pada orang tua.
Fakta     : Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja, baik muda maupun tua. Untuk laki-laki umumnya pola kebotakan bisa mencapai 80% sedangkan wanita hanya sekitar 40%. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik yang terjadi secara alami dan dapat dimulai sejak usia puber.

Mitos     : Rambut rontok yang disebabkan keturunan dari pihak keluarga ibu
Fakta   : Mitos ini hanya menyalahkan pihak keluarga ibu yang menyebabkan kebotakan, padahal kebotakan merupakan kondisi turun menurun yang bisa disebabkan oleh kedua belah pihak keluarga, bukan hanya satu pihak saja. Rambut rontok cenderung berasal dari kedua belah pihak keluarga bahkan bisa lintas generasi.

Mitos     : Menyisir rambut berkali-kali sehari membuat rambut menjadi sehat dan kuat.
Fakta    : Meskipun menyisir dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut, tetapi kalau dilakukan secara berlebihan malah dapat menyebabkan kerusakan. Menyisir rambut secara berlebihan dapat melemahkan kekuatan tiap helai rambut yang mengakibatkan kerontokan. Sisir sesuai dengan kebutuhan untuk menghilangkan rambut kusut dan merawat rambut kering anda, tidak ada jumlah pasti harus berapa kali sehari menyisirnya.

Mitos     : Keramas setiap hari dapat merusak rambut.
Fakta     : Hal tersebut berlaku kalau anda menggunakan sampo yang berkualitas rendah. Setiap orang harus memilih sampo sesuai dengan kebutuhan jenis dan tekstur rambutnya. Jenis rambut berminyak sangat baik dilakukan pencucian setiap hari sedangkan rambut kering cukup dua hari sekali. Gunakan produk rambut yang memiliki formula lembut dan mengandung pelembab.

Mitos      : Jika anda botak pada usia bayi, anda juga akan mengalami kebotakan pada saat dewasa.
Fakta   : Banyak tidaknya rambut yang anda miliki pada saat bayi, tidak ada hubungannya dengan banyaknya rambut pada saat anda dewasa.

Mitos    : Memotong rambut akan membuat rambut anda tumbuh subur dan kuat.
Fakta    : Pemotongan rambut hanya menghilangkan sebagian ujung rambut yang tumbuh panjang. Memotong rambut tidak mempercepat proses pertumbuhan rambut atau membuatnya menjadi lebih kuat.

Mitos    : Kondisioner tidak diperlukan, karena hanya cukup keramas dengan shampo.
Fakta  :Shampo hanya berisi bahan kimia yang berfungsi untuk membersihkan rambut, sedangkan kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut. Pelembab sangat penting untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Anda juga bisa memilih sampo yang mengandung kondisioner.

Mitos      : Busa yang banyak merupakan tanda kalau sampo telah membuat rambut menjadi bersih
Fakta    : Busa bukan merupakan indikator untuk efektivitas sampo. Busa banyak bukan berarti membuat rambut anda menjadi bersih

Mitos     : Rambut akan menjadi kuat bila menggunakan sampo yang sama dari waktu ke waktu.
Fakta     : Tidak ada bukti medis atau ilmiah yang mendukung mitos ini.

Mitos     : Rambut bercabang dapat diobati tanpa perlu memotongnya
Fakta     : Metode yang paling mujarab untuk rambut bercabang adalah memotongnya.

Itulah beberapa fakta dan mitos yang sering beredar dimasyarakat. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

No comments:

Post a Comment