Wednesday, January 23, 2013

Apa Yang Terjadi Jika Saya Tidak Pernah Memotong Rambut?

Rambut manusia yang khas terdiri dari batang rambut yang muncul dari kulit, dan akarnya tertanam dalam folikel atau pit dibawah permukaan kulit. Ada pengecualian untuk beberapa sel yang tumbuh didasar akar, rambut adalah jaringan yang mati dan terdiri dari protein dan keratin yang saling berkaitan. Pada dasarnya folikel rambut adalah saku berbentuk tabung dari epidermis yang membungkus bagian kecil dari dermis. Sel membelah dengan cepat di dasar folikel untuk membentuk rambut manusia. Saat sel mendorong naik ke atas dari dasar folikel, sel-sel tersebut bakal mengeras dan menjalani pigmentasi. Dan Voila.... anda telah memiliki rambut.



Proses seperti ini akan terjadi berulang-ulang. Anda mungkin berpikir jika anda tidak pernah memotong rambut, rambut akan tumbuh dan berkembang terus dan tidak akan ada yang tahu sampai berapa panjang rambut anda. Yang anda pikirkan itu tidak benar sama sekali, karena sebenarnya rambut tidak hanya tumbuh dan tumbuh saja. Pada waktu tertentu, sekitar 15% atau lebih akar rambut berhenti melakukan aktifitasnya. Sekitar selama tiga bulan, folikel rambut tidak melakukan aktifitas sama sekali. Yang artinya rambut tidak akan tumbuh pada siklus tertentu pada kulit kepala anda. Setiap hari anda juga kehilangan rambut baik karena rontok yang normal maupun karena kerusakan. Rata-rata anda kehilangan rambut sekitar 50 – 100 helai rambut setiap harinya.

Rambut dikepala anda akan tumbuh sekitar setengah inch perbulan dan berusia sekitar 2 – 6 tahun. Dari sini anda bisa memperkirakan kalau rambut manusia tidak akan tumbuh lebih dari 3 kaki atau sekitar 90-100 cm. Berikut saya berikan perhitungannya :

0.5 inci X 12 bulan X 6 tahun = 36 inci atau 3 kaki.

Katakanlah ada beberapa orang yang pertumbuhan rambutnya lebih cepat dan menempel pada kulit kepala dalam jangka waktu yang lebih lama, misalnya sekitar 5 meter. Hal itu bisa saja terjadi tapi kurang umum, jadi sangat tidak mungkin banyak orang yang memiliki rambut yang sangat panjang ini. Seperti yang pernah dicatat dalam Guinnes Book Of World Record pada tahun 1983 atas nama Dian Witt dari Massachusets yang memanjangkan rambut nya sepanjang 12 kaki 8 inci. Rekor tersebut kemudian berhasil dipecahkan oleh Mata Jagdamba dari India pada tahun 1994 dengan panjang 13 kaki 10,5 inci.

No comments:

Post a Comment