Friday, January 11, 2013

Teknik Menyambung Rambut

Ada banyak cara untuk merubah penampilan rambut saat ini, salah satunya adalah dengan menambahkan rambut tambahan ke rambut aslinya yang dikenal dengan rambut sambungan atau rambut tenun. Rambut tenun sudah ada sejak zaman dahulu kala, mulai era Cleopatra sudah melakukan teknik gaya rambut ini.
Rambut tenun, atau yang juga diidentifikasi sebagai “ekstensi”, merupakan teknik penyambungan rambut dengan menambahkan rambut tambahan ke rambut asli seseorang untuk  mengubah penampilan gaya rambut.

Teknik penyambungan rambut.
1. Ikatan
Teknik penyambungan rambut sementara yang terkenal adalah menambahakn garis-garis volume atau dinamis dari warna rambut alami. Dengan menggunakan lem khusus, rambut tambahan bisa menempel ke akar. Untuk mencegah kerusakan pada rambut aslinya, rambut tambahan harus dilepas setelah beberapa hari. Selain itu, teknik ikatan memiliki cara lain yaitu dengan menggunakan wig yang direkatkan dengan perekat medis. Teknik bonding (ikatan) ini memiliki dua jenis yaitu ikatan lembut dan ikatan keras.

2.Menjahit / Tracking
Dalam teknik ini, rambut asli akan dikepang ke ujung rambut, yang disebut dengan “Track”. Untuk mendapatkan ‘Track’ secara spesifik, penyambungan harus terdiri dari beberapa track. Semua rambut harus dikepang dan ditaruh di kepala kemudian ditutup dengan jaring. Setelah rambut ekstensi akan dijahit dengan kepang, sesuai dengan trek dan gaya yang diinginkan.

3.Fusi
Teknik ini memberikan sambungan rambut terlihat alami dan serbaguna. Terkait dengan resiko rambut rontok dan menyebebkan kerusakan pada kulit kepala, teknik ini tidak jarang digunakan karena tidak sepopuler seperti teknik ikatan dan menjahit.

4.Net Weaving
Net weaving atau tenun bersih merupakan solusi lain untuk menyelesaikan masalah rambut rontok atau kebotakan rambut. Teknik ini digunakan dengan cara mengepang rambut asli dan melapisi bagian rambut yang akan disambung dengan lapisan film tipis. Dalam teknik ini rambut tambahan yang disambung ke rambut asli tidak memiliki dampak negatif pada rambut asli.

Keuntungan dan kerugian dari rambut ekstensi
Manfaat dari rambut ekstensi sangat banyak. Yang utama adalah bisa merubah penampilan dengan cepat tanpa ada kerusakan yang fatal. Bagi orang tua, ekstensi rambut merupakan solusi cerdas untuk menutupi rambut tipis bahkan kebotakan. Selain itu, teknik rambut tenun tidak mempengaruhi tekstur rambut asli anda. Dengan tenun, kita juga dapat meningkatkan volume rambut tipis dan mempercepat pertumbuhan rambut serta merubah tekstur rambut sesuai dengan keinginan.
 
Selain itu, tenun banyak disukai karena perawatannya mudah dan bisa dibuat bergaya. Dibidang kesehatan, rambut tenun juga bermanfaat sebagai kombinasi dalam operasi transplantasi rambut.

Faktor kelemahan dari rambut tenun adalah dapat merusak kulit kepala dan rambut asli yang disebabkan oleh penggunaan perekat yang telah mengering dan menyebabkan rambut kusut. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment