Thursday, January 31, 2013

Seberapa Sering Anda Keramas?

Sahabat saya mengatakan pada saya kalau kalau rambut saya akan kotor jika tidak keramas setiap hari. Tapi saya tidak mempunyai banyak waktu untuk keramas setiap hari dan saya akan keramas pada keesokan harinya. Haruskah saya keramas tiap hari?

Keramas perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran, minyak yang menempel dikulit kepala dan rambut. Kebanyakan ahli penata rambut tidak merekomendasikan untuk keramas setiap hari, karena shampo dapat mengurangi kadar minyak alami rambut. Jawablah pertanyaan dibawah ini untuk mengetahui seberapa sering anda harus keramas.

-    Apakah rambut anda berminyak atau kering?



Kelenjar minyak memproduksi sebum yang berfungsi melumasi hingga akar rambut dan menjaganya agar tetap sehat. Rambut bisa menjadi sangat berminyak saat anda mengalami puber, PMS, atau jika anda sedang kelebihan hormon tertentu. Orang yang memiliki rambut berminyak harus keramas setiap hari, paling tidak dua hari sekali. Jika rambut anda kering, mungkin itu pertanda rambut anda rusak. Gunakan shampo khusus yang diformulasikan untuk mengatasi rambut kering. Shampo ini dibuat untuk mengobati rambut yang rusak, melapisi batang rambut dan membuat rambut terlihat lebih halus dan mudah diatur.

-    Apakah anda melakukan proses kecantikan rambut?
Penggunaan bahan kimia, pengeritingan rambu, pewarnaan rambut, dan pelurusan rambut dapat membuat rambut berkurang kekuatannya atau rapuh. Penggunaan hair dryer juga dapat melemahkan rambut. Jika rambut anda rusak, segera pertimbangkan untuk tidak keramas lebih dari dua hari.

-    Apakah rambut anda panjang, pendek, keriting atau lurus?
Rambut pendek dan panjang, kedua jenis rambut itu pasti bertekstur lembut dan lurus. Rambut jenis ini lebih cepat berminyak dan ada beberapa bagian kulit kepala yang kehilangan minyak alami karena menyebar di rambut. Anda bisa keramas setiap hari untuk menjaga kesehatan rambut. Jika rambut anda keriting dan bertekstur kasar, akan lebih sulit bagi minyak untuk menyebar hingga ke ujung rambut sehingga anda hanya perlu keramas seminggu sekali atau dua kali seminggu.

-    Apakah anda menggunakan banyak produk perawatan rambut?
Jika jawabannya ya, maka anda harus keramas setiap hari karena produk perawatan rambut seperti gel, minyak dll memudahkan kotoran, debu dan polusi untuk menempael pada rambut. Keramas secara tertur setiap hari membantu mencegah penumpukan kotoran pada rambut dan membuat rambut lebih mudah diatur.

-    Apakah anda berketombe?
Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala. Jika anda mengalaminya, maka anda harus keramas setiap hari menggunakan shampo khusus yang diformulasikan untuk mengobati dan mencegah ketombe.

No comments:

Post a Comment