Saturday, January 5, 2013

Cara Mewarnai Rambut Dengan Henna

Henna, dalam bahasa kimia dikenal dengan “Lawsonia Inemis”, diketahui mengandung bahan pewarna yang sangat tinggi kadarnya. Produk herbal ini manghasilkan berbagai macam warna merah yang dapat digunakan untuk mewarnai rambut. Hal ini disebabkan karena kandungan lawsone yang terdapat dalam tanaman henna. Zat pewarna pada tanaman henna terkonsentrasi pada bagian daun yang digabung dengan protein untuk memberikan efek pewarnaan. Rambut yang diwarnai dengan henna akan menjadi lembut, berkilau dan sehat. Anda dapat mewarnainya dengan cara mengoleskan henna ke rambut atau mencelup rambut dengan henna. Henna memiliki kelebihan dan manfaat yang tak terhitung banyaknya bagi rambut. 

Berikut adalah cara untuk mewarnai rambut dengan henna
Persiapan membuat pasta henna
Ambil bubuk henna dalam jumlah yang sesuai dengan yang anda butuhkan tergantung panjang pendeknya rambut anda dalam satu wadah. Tambahkan air jeruk perasan atau dengan air biasa untuk membuat pasta. Anda juga bisa menambahkan yoghurt ke dalam pasta henna. Setelah itu tutupi wadah dan simpan dalam suhu kamar selama 12-15 jam.
Petunjuk Mengoleskan Henna Pada Rambut
  1. Sebelum mengoleskan henna untuk mewarnai rambut, pastikan anda keramas terlebih dahulu kemudian keringkan. Setelah itu rambut harus disisir ke bagian belakang sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Gunakan kain untuk menutupi bahu agar tumpahan henna tidak mengotori baju anda.
  3. Oleskan henna secara merata pada rambut dan kulit kepala. Anda dapat menggunakan sarung tangan, atau plastik untuk mengoleskan henna agar tangan anda tidak kotor.
  4. Pastikan anda mengoleskannya secara merata dan tebal, jangan sampai henna kering diwadahnya.
  5. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.
  6. Tutup seluruh rambut dengan plastik untuk menjaga agar henna tetap lembab.
  7. Beberapa pasta akan menetes ke dahi dan leher, usap segera dengan kain bersih dengan hati-hati agar tidak mengganggu pasta yang menempel dikepala.
  8. Biarkan selama 4 jam untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, semakin lama anda membiarkan, semakin baik pula hasil yang anda capai.
  9. Setelah kering, bilas pasta dengan air hingga bersih. Setaluh itu cuci rambut dengan shampo dan kondisioner untuk membersihkan rambut dari henna.
  10. Keringkan rambut anda dan akan melihat perubahan yang terjadi.

Anda dapat mengikuti langkah diatas apabila ingin mewarnai rambut dengan aman tanpa takut merusak rambut.

6 comments:

  1. sangat bermanfaat sekali artikelnya ... jadi pengen mewarna rambut dengan henna

    ReplyDelete
  2. Kalau henna odol bida gak? Seenggaknya kalau pakai yogurt pasti cair?

    ReplyDelete
  3. Klo sy pribadi pake henna + putih telur jd rambut bagus hasilnya berkilau

    ReplyDelete
  4. SayA pakai inai henna ni. Pakai biasa je serbuk dgn air pns sikit. Dalam 2jam je lps sya basuh xda hasil pn. How ? Plis rply

    ReplyDelete
  5. Bagaiman cara mewarnai henna odol?

    ReplyDelete