Wednesday, January 30, 2013

Cara Merawat Rambut Menggunakan Peralatan Mandi

Kita sudah tahu kalau menggosok gigi menggunakan sikat dan pasta gigi, berkumur menggunakan obat kumur. Tapi sekarang saya ajak anda untuk sedikit berimprovisasi dengan peralatan mandi tersebut. Bagaimana jika menggunakan pasta gigi di dahi serta menaruh obat kumur, bedak bayi dan aspirin pada rambut anda. Mungkin agak sedikit konyol, tapi dibalik itu semua, anda dapat mengatasi masalah rambut seperti ketombe.

Masalah rambut dapat terjadi pada siapa saja, dan anda tidak perlu membuang banyak uang untuk membeli produk perawatan rambut. Anda bisa menggunakan peralatan mandi yang sudah anda miliki untuk mengatasi masalah rambut. Berikut beberapa peralatan mandi yang bisa anda gunakan untuk perawatan rambut


  • Menghilangkan noda pada rambut
Jika anda mewarnai rambut anda sendiri dirumah, pasti hasilnya tidak sesempurna jika anda melakukan pewarnaan di salon. Tetesan cat rambut pasti banyak yang menempel di wajah atau di kulit kepala anda. Jangan khawatir tentang masalah ini, anda bisa membersihkan noda tersebut menggunakan  pasta gigi.
Oleskan pasta gigi secara merata di seluruh kulit yang terkena noda, lalu bilas dengan air hangat.
  • Mencegah ketombe
Ketombe disebabkan oleh kulit mati dari kulit kepala yang mengelupas. Penyebab lain munculnya ketombe bisa karena cuaca yang terlalu panas atau dingin, bahkan penggunaan produk perawatan rambut seperti hairspray dan gel juga bisa menyebabkan ketombe.
Anda bisa mengoleskan obat kumur secara merata di kulit kepala untuk mencegah ketombe, biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan kebiasaan ini secara rutin tiap kali anda mandi untuk mencegah ketombe dan menghilangkan bakteri pada rambut dan kulit kepala anda.
  • Bahan kimia
Kilau rambut alami bisa memudar warnanya dan menjadi mengerikan ketika bahan kimia yang terkandung salam kolam renang telah meresap hingga ke folikel rambut. Logam seperti besi, tembaga dan mangan yang terdapat di air kolam renang akan mengoksidasi rambut anda. Jika anda berenang setiap hari, gunakan tutup kepala atau basahi rambut anda terlebih dahulu sebelum mencelupkan ke kolam renang.
Atau dengan menggunakan cara alternatif yaitu larutkan 8 butir aspirin dalam segelas air, dan gosokkan secara merata pada rambut. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan shampo hingga bersih.
  • Shampo kering
Anda terburu-buru dan tidak sempat untuk keramas? Cobalah menggunakan shampo kering. Shampo kering bukan berarti anda keramas di wastafel dan hanya membasahi bagian kepala anda tanpa mandi. Shampo kering merupakan cara yang bagus untuk meremajakan rambut dan shampo kering yang sangat baik adalah bedak bayi.
Bedak bayi juga bagus untuk kulit berminyak serta menjaga kelembaban rambut.
  • Menghilangkan permen karet
Permen karet banyak digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Permen karet disukai karena rasanya yang manis dan bisa ditiup menjadi sebuah balon. Tapi, permen keret bisa menjadi bencana saat permen karet menempel pada rambut yang tentunya membuat rambut menjadi lengket.
Apa yang anda lakukan jika mengalaminya? Melakukan perawatan di salon atau memotong rambut anda? Anda bisa menggunakan jeli rambut untuk melepaskannya. Oleskan jeli rambut pada permen karet dengan jari anda, oleskan juga di rambut yang terkena  rambut agar tidak kusut. Lakukan terus menerus hingga permen karet bisa mudah terlepas dari rambut anda

No comments:

Post a Comment