Monday, January 21, 2013

Cara Memiliki Rambut Indah

Rambut anda tampak kusam dan berantakan? Rambut adalah mahkota bagi wanita. Rambut dapat menunjang penampilan anda atau bahkan menghancurkan penampilan anda. Kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk memiliki rambut indah dan sehat. Lakukan semua hal dibawah ini untuk mendapatkan rambut indah nan sehat.

Saya pernah membaca statement seorang dokter kulit dalam sebuah majalah yang mengatakan bahwa “ Biotin (Vitamin H) yang dikonsumsi setiap hari dengan dosis 10 mg, sangat baik untuk kesehatan kuku dan rambut”.  Beberapa ahli juga mengatakan kalau masalah rambut kering, rusak dan rontok lebih baik diserahkan pada ahlinya untuk dilakukan perawatan. Itu memang cara yang mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Selain itu anda juga bisa menggunakan paket perawatan rambut bikinan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita. Bagi yang mengalami rambut kering, bisa menggunakan pijatan minyak panas seminggu sekali dan dicuci dengan shampo biasa dan kondisioner. Jauhi penggunaan cat rambut yang mengandung banyak bahan kimia dan penggunaan catokan rambut selama beberapa minggu. Jika kulit kepala anda gatal, gunakan shampo sebowash seminggu sekali.


Penggunaan masker bikinan sendiri dan menghindari penggunaan hairdryer pada suhu yang tinggi membuat rambut jadi lebih mudah diatur. 

Berikut saya berikan cara membuat masker rambut, yang bisa anda praktekkan dirumah
  • Ambil biji fenugreek sebanyak setengah gelas
  • Rendam dalam dua cangkir yang berisi air setengah penuh semalaman
  • Ambil rendaman biji fenugreek dan masukkan dalam mesin penggiling. Tambahkan air kemudian giling sampai halus.
  • Oleskan ramuan Fenugreek pada kulit kepala
  • Biarkan selama 15 menit, lalu cuci hingga bersih.
Pada saat anda keramas, tetap konsentrasi pada pembersihan dikulit kepala, sehingga jari-jari lembut anda tetap memijat di tiap bagian kulit kepala hingga merata. Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk melembabkan rambut.

Yang harus dihindari :
-    Penggunaan hair dryer atau alat pelurus/pengeriting rambut. Keringkan rambut anda secara alami.
-    Produk perawatan rambut seperti gel rambut yang mengandung alkohol
-    Penggunaan aksesoris rambut yang kotor. Selalu jaga kebersihan sisir dan aksesoris rambut lainnya.
-    Mencuci rambut dengan shampo yang mengandung bahan terlalu keras atau terlalu sering keramas. 

Tips 
Setelah beraktifitas seharian, sebagian besar wanita langsung merebahkan tubuhnya di kamar begitu sampai di rumah. Para ahli menyarankan untuk mengikat rambut terlebih dahulu sebelum tidur, terutama bagi anda yang memiliki rambut panjang. Mengikatnya dalam dua bagian dengan ikatan yang agak longgar. Rambut yang dikepang memberikan perlindungan yang lebih baik saat anda tidur.

Pemijatan kulit kepala dengan minyak
  • Menurut para ahli, dengan meminyaki rambut secara teratur akan menentukan kualitas rambut anda. Lakukan pemijatan hingga ke dalam kulit kepala dengan gerakan lembut dan merata.
  • Jojoba, olive ,minyak kelapa dan minyak almond adalah beberapa jenis minyak yang dapat memberikan nutrisi pada rambut.
  • Pemijatan pada kulit kepala dapat membuat anda rileks sehingga tidur anda bisa pulas dan merasakan kesegaran pada keesokan harinya.
  • Gunakan minyak hingga keujung rambut
Anda mengalami rambut rontok? Jika jawabannya ya, anda memerlukan :
-    Setengah cangkir biji fenugreek
-    500 ml minyak kelapa murni
-    Sinar matahari

Caranya : 
  • Rendam biji fenugreek dalam minyak kelapa dalam botol kaca dan jemur di bawah sinar matahari langsung setiap hari selama seminggu.
  • Gunakan minyak bikinan sendiri ini tiga kali seminggu untuk mencegah rambut rontok.

No comments:

Post a Comment