Friday, December 28, 2012

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kepala Terkelupas ?

Faktor pernyebab kulit kepala terkelupas sangat banyak antara lain : eksim, kurang nutrisi, sering keramas dan dehidrasi. Anda dapat mengatasi masalah pengelupasan kulit kepala ini dengan melakukan perawatan sederhana pada rambut dan menggunakan obat bikinan sendiri.
 
Tips untuk mengatasi kulit kepala terkelupas
  • Menurut dokter ahli terkemuka di Amerika Serikat, terlalu sering keramas bisa menyebabkan kekeringan pada kulit kepala. Shampo dapat mengurangi kadar minyak alami kulit kepala yang berfungsi menjaga kelembaban kulit kepala. Sehingga anda harus mengurangi frekuensi keramas untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.
  • Gunakan lidah buaya dan shower cap. Oleskan beberapa helai lapisan daun lidah buaya pada rambut anda secara merata kemudian tutup dengan shower cap. Biarkan semalamam, lalu cuci keesokan harinya. Gunakan secara rutin untuk melembabkan kulit kepala dan mengatasi kulit kepala terkelupas.
  • Jangan mandi dengan air yang sangat panas karena dapat memperburuk kondisi kulit kepala anda yang sudah kering. Penggunaan blow dryer juga dapat menghilangkan kelembaban dari rambut dan kulit kepala. Panas dari blow dryer dapat merusak batang rambut dan membuat kulit kepala bersisik.
  • Iris buah alpukat jadi dua bagian, lalu gerus kedalam mangkok dengan garpu. Oleskan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan secara merata. Biarkan selama setengah jam lalu bilas hingga bersih.
  • Pemijatan pada kulit kepala juga dapat mengatasi kulit kepala yang bersisik. Pemijatan mampu meningkatkan aliran darah ke rambut dan menghilangkan setiap sebum yang menghalangi pori-pori. Sebum yang diproduksi dalam kelenjar sebaceous membantu untuk membuat kulit kepala menjadi normal kembali. Selain itu minyak yang digunakan untuk memijat dapat menghilangkan kulit mati yang berada pada permukaan kulit kepala.
  • Gunakan santan untuk menghilangkan kulit kepala yang terkelupas. Rebus santan di atas api kecil selama 10 menit sambil diaduk. Kemudian taruh dalam mangkok dan tunggu sampai suhunya menjadi hangat. Oleskan di kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan dengan jari maupun sisir bergigi lebar secara menyeluruh selama 15 menit kemudian tutup dengan shower cap selama satu jam. Cuci dengan shampo lalu bilas hingga bersih sebelum santan nya kering.

No comments:

Post a Comment