Saturday, December 29, 2012

Gaya Rambut Yang Mempercepat Rambut Rontok

Ada beberapa gaya rambut yang dapat menyebabkan rambut rontok karena terlalu membebani rambut. Sebenarnya gaya rambut bukanlah alasan utama yang dapat menyebabkan rambut rontok tapi hanya faktor penyumbang saja. Rambut rontok disebabkan oleh beberapa kondisi dasar, selain rontok alami siklus pertumbuhan rambut. Memang ada beberapa gaya rambut dan kebiasaan anda yang dapat menyebabkan rambut lebih rusak dari biasanya. 

Bagaimana gaya rambut kok bisa menyebabkan rambut rontok?
  • Setelah menggunakan pengering rambut, biasanya anda menarik kuat-kuat rambut anda dan membuat gaya ekor kuda atau simpul, Ini dapat membuat rambut anda rontok. Pengering rambut dapat merusak kutikula rambut bahkan lebih jika anda tidak menunggu rambut hingga kering sebelum mengikatnya ke simpul. Sama juga dengan rambut basah, anda harus menunggunya hingga kering sebelum mengikatnya karena rambut sangat rapuh dibagian itu. Cara paling ideal untuk merawat rambut adalah membiarkannya kering secara alami. Anda juga dapat menggunakan kondisioner pada rambut basah sebagai nutrisi, dan biarkan mengering secara alami sebelum bergaya.
  • Meskipun rambut anda sudah kering, jangan menariknya atau mengikatnya kuat-kuat untuk membentuk gaya ekor kuda. Anda harus memilih gaya rambut yang agak longgar atau memilih gaya ekor kuda tapi jangan terlalu kuat mengikatnya. Anda harus pandai-pandai menyeimbangkan beban rambut agar tidak bertumpu pada satu titik saja pada saat styling.
  • Kepang dan mencatok rambut umumnya dilakukan oleh wanita berkulit hitam, dan dapat menyebabkan hilangnya rambut secara permanen. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Insitut Bedah Dermatologi dan Plastik di Cleveland, Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa perempuan kulit hitam yang memakai gaya rambut tersebut dalam jangka waktu yang lama akan menderita Alopecia Cicatricial pusat sentrifugal atau CCCA. CCCa merupakan salah satu jenis kebotakan yang berawal dari mahkota kepala dan berakhir dalam jaringan parut. Sampai saat ini, penyebab utama dari gangguan ini disebabkan oleh panas dari catokan rambut yang digunakan untuk meluruskan rambut keriting. Penelitian ini secara meyakinkan telah memberi keputusan bahwa gaya rambut tenun dan kepang yang ditarik secara kuat-kuat pada akar rambut adalah penyebab utama rambut rontok.
  • Mengikat rambut secara kuat pada gaya rambut ekor kuda memang dapat menyebabkan rambut rontok, tapi ini bukan penyebab utamanya. Hal lain seperti kekurangan gizi, kondisi medis yang menyebabkan perubahan hormonal setelah kehamilan, dan juga gangguan psikologis adalah penyebab utama kerontokan rambut.

No comments:

Post a Comment