Tuesday, December 4, 2012

Prosedur Transplantasi Rambut


Transplantasi rambut adalah teknik mentransfer/memindahkan rambut dari area yang tumbuh subur ke area yang botak. Pembedahan dilakukan untuk memindahkan rambut ke area kebotakan.

Prosedur transplantasi rambut sangat sensitif dan memerlukan banyak perawatan. Operasi transplantasi ini memakan waktu sekitar 4-5 jam dan membutuhkan perawatan yang teratur paska operasi.

Berikut adalah langkah-langkah transplantasi rambut.

Langkah 1
Pasien harus santai sebelum menjalankan operasi. Tekanan darah dan detak jantung harus dinormalisasi dulu. Pasien harus dikondisikan senyaman mungkin sehingga dia siap mental untuk menjalani operasi.

Langkah 2
Anestesi lokal diberikan kepada pasien yang akan melakukan operasi transplantasi rambut. Kemudian rambut dipindahkan ke area kebotakan dan segera dilakukan penjahitan di daerah pembedahan untuk mencegah pendarahan. Pembiusan membuat pasien tidak merasakan sakit saat operasi.

Langkah 3
Rambut yang telah diambil saat operasi tadi kemudian dibedah menjadi potongan kecil. Potongan rambut yang dibedah tersebut kemudian dimasukkan ke area yang akan ditransplantasi secara steril. Ini merupakan langkah yang paling penting dalam transplantasi rambut karena apabila rambut terlalu banyak disisipkan dalam satu area yang sama maka rambut yang akan ditransplantasi akan tumbuh tidak merata.

Langkah 4
Area yang akan ditransplantasi harus dibersihkan dengan antibiotik sebelum okulasi. Tiap helai rambut yang diambil, harus dilakukan sayatan secara hati-hati untuk membentuk garis rambut yang baru. Rambut yang akan dicangkokkan harus dijahit sedemikian rupa sehingga hasilnya akan tampak seperti rambut alami. Langkah ini diulang setiap folikel rambut.

Langkah 5
Sekitar 5-6 jam setelah transplantasi, pasien akan mati rasa dan merasa ada beban berlebih di daerah yang ditransplantasi. Hal ini disebabkan oleh obat. Pasien akan merasa mati rasa selama beberapa hari.
Paska operasi transplantasi, pasien harus dalam pengawasan yang ketat. Saat tidur, pasien harus menjaga agar kepala dan leher tetap di posisi atas untuk mencegah kerusakan rambut. Pasien diberikan antibiotik untuk mencegah pembengkakan dan mati rasa, dianjurkan untuk menjauhi aktivitas yang berat dan terlalu lama kena sinar matahari.

Transplantasi rambut merupakan cara yang sangat efektif dan aman untuk menghindari kebotakan. Hal ini akan meningkatkan kepribadian anda dan membuat anda semakin percaya diri.

No comments:

Post a Comment