Tuesday, December 4, 2012

Apakah Mandi Air Panas Berakibat Buruk Pada Rambut Anda?


Mandi dengan air panas memang menyegarkan setelah seharian beraktifitas dan melewati hari-hari yang melelahkan. Mandi dengan menggunakan shower air panas juga dapat menghilangkan nyeri otot karena berfungsi seperti terapi pijatan. Tapi air panas dapat merusak rambut anda. Sebelum anda memiliki keinginan untuk mandi dengan air panas, anda harus mengetahui fakta yang benar, apakah air panas dapat menyebabkan rambut rontok?

Para pakar rambut berulang kali menjelaskan kalau air panas bisa menyebabkan rambut rontok meskipun anda sendiri belum yakin kenapa hal ini bisa terjadi? Sedasngkan mandi air panas sangat dibutuhkan dikala cuaca lagi dingin dan menyegarkan buat tubuh. Jadi mana yang lebih anda pilih, kesehatan tubuh atau rambut anda?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus menghindari mandi dengan air panas bahkan di musim hujan.
  • Air panas menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena air panas membuka pori-pori rambut dan membuat longgar di bagian akar. Akibatnya, setelah anda mandi dengan air panas dan mengeringkannya, rambut akan mudah terlepas dari kulit kepala.
  • Air panas dapat membakar rambut. Perlu diketahui bahwa rambut terdiri dari dari keratin yang merupakan protein. Apa yang akan terjadi kalau protein terkena panas yang berlebihan? Itu akan berakibat sama dengan protein yang terkandung dalam rambut anda, protein tersebut akan didenaturasi. Jadi jika anda menyiram rambut anda dengan air yang terlalu panas, maka protein di rambut anda akan terdenaturasi atau terbakar.
  • Shampo dan air panas adalah kombinasi yang buruk. Anda bisa menggunakan air hangat untuk keramas. Ada perbedaan antara keramas dengan air panas dan air hangat. Bila anda menggunakan air hangat, ada kecenderungan untuk rambut rontok, tapi bila menggunakan air panas, anda seperti menyiramkan bensin ke dalam api. Rambut anda mudah rontok dalam jumlah banyak.
  • Anda harus mandi air dingin setelah menggunakan kondisioner. Keramas anda terasa tidak lengkap bila anda tidak menggunakan kondisioner. Penggunaan air panas untuk membilas kondisoner adalah dosa besar. Karena air panas akan menghilangkan fungsi dari kondisioner untuk rambut anda. Air panas akan menyapu bersih efek pelunakan kondisioner yang bertujuan untuk melembabkan rambut anda.
Jadi sekarang anda telah mengetahui alasan kenapa tidak diperbolehkannya menggunakan air panas untuk keramas. Tapi benar juga kalau mandi air panas bisa meringankan rasa sakit pada otot dan membuat peredaran darah lancar. Anda dapat memilih solusi bijak yaitu mandi dengan air panas pada bagian tubuh, dan pada bagian kepala menggunakan air dingin. Anda bisa melemasakan otot-otot tanpa harus menyebabkan rambut rontok.

Demikian info dari saya, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment