Saturday, December 8, 2012

Penyebab Rambut Bercabang

Ketika kutikula (lapisan luar yang membentuk rambut) rusak, maka rambut kita akan menjadi kering yang dapat menyebabkan ujung rambut menjadi pecah-pecah atau bercabang. Ujung rambut yang pecah akan membuat rambut kehilangan tekstur dan kekuatannya. Apabila anda mengalaminya, satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah memotong rambut yang rusak.
Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab rambut bercabang yang dapat anda hindari agar rambut anda tetap sehat dan kuat.

Menyisir rambut secara berlebihan
Beberapa orang senang tampil berantakan, dan ada juga orang yang ingin tampil klimis dan rapi. Orang yang ingin selalu tampil rapi dan klimis ini akan sering menyisir rambutnya dimanapun dia berada agar rambutnya tetap rapi dan klimis. Mulai sekarang, kurangi frekuensi menyisir rambut untuk mencegah rambut bercabang

Diet yang salah
Orang yang melakukan diet yang salah, rambutnya akan beresiko pecah-pecah pada ujungnya karena kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh rambut. Kurangnya kelembaban akan membuat rambut menjadi bercabang. Anda bisa diet tanpa menyebabkan rambut rusak dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, wortel dan susu rendah lemak. Bagi anda yang melakukan diet ketat, ada kabar buruk buat anda karena diet ketat akan membuat rambut mudah patah dan bercabang karena kurangnya nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut.

Sering menggunakan catok rambut
Penggunaan catok rambut yang berlebihan bisa membuat rambut kering. Suhu panas dari catokan rambut bisa mengurangi kelembaban pada rambut sehingga membuat rambut kering dan tidak sehat. Kurangi penggunaan alat kecantikan rambut seperti catokan rambut, pengering rambut karena akan membuat rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

Menggunakan produk kimia
Produk kimia banyak terkandung didalam alat kecantikan rmabut seperti semir, shampo dll. Bahan kimia ini sangat berbahaya bagi rambut, anda mungkin merasa senang setelah bisa merubah warna rambut anda dari putih menjadi hitam. Padahal, kesenangan yang anda rasakan itu berubah menjadi petaka karena bahan kimianya telah membuat rambut anda pecah-pecah dan bercabang.

Sering keramas
Sama seperti semir, shampo dan kondisioner yang anda pakai juga banyak mengandung bahan kimia. Alih-alih membersihkan rambut dan kulit kepala, anda keramas setiap hari. Rambut dan kulit kepala memang menjadi bersih, tapi juga menyebabkan kerusakan di ujung rambut karena bahan kimia shampo telah merusak kutikula anda. Jika nda cemas karena kulit kepala anda berminyak, anda bisa berkonsultasi denga ahlinya untuk memilih shampo yang aman buat keramas setip hari.

Pemakaian aksesoris rambut
Jangan terlalu lama mengikat rambut dengan karet maupun menjepitnya. Karena rambut ang diikat dalam jangka waktu lama akan berkurang kekuatannya sehingga beresiko untuk pecah-pecah bahkan rontok. Hindari meng-ekor kuda terlalu ketat, sebagai gantinya anda bisa menmenggulung rambut keatas dan menggunakan sebatang kayu untuk menjaganya agar tidk mudah terurai, seperti gambar diatas. Aksesoris rambut yang terbuat dari logam juga paling dilarang meskipun anda akan tampil cantik dengannya. Buat apa tampil cantik kalau dikemudian hari akan merusak rambut anda.

Pastikan anda merawat rambut secara rutin dan menjaga kebersihannya agar rambut tidak mudah rusak dan patah.

No comments:

Post a Comment